Sosiologi Pertemuan 11 - Proses Komunikasi Dalam Masyarakat

 



Masyarakat merupakan sekumpulan individu yang menepati wilayah tertentu dan menjalankan interaksi sesaui dengan sistem adat istiadat yang belaku ditempat tinggalnya. Masyarakat memiliki struktur dan lapisan (layer) yang bermacam-macam, ragam struktur dan lapisan masyarakat tergantung pada kompleksitas masyarakat itu sendiri. Semakin kompleks suatu masyarakat, maka struktur masyarakat itu semakin rumit pula.

Lalu, mengenai komunikasi tidak terlepas dengan yang namanya masyarakat dikarenakan komunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan dua orang atau lebih yang bertujuan untuk menyampaikan informasi berupa pesan dan bertukar pendapat baik itu gagasan maupun ide. Dengan adanya kegiatan komunikasi dalam masyarakat dapat berupa komunikasi tatap muka yang terjadi pada komunikasi interpersonal dan kelompok, serta kegiatan komunikasi yang terjadi pada komunikasi massa.

KOMUNIKASI LANGSUNG
Proses komunikasi yang dilakukan secara tatap muka (face to face) tanpa adanya media perantara. Contohnya seperti, interaksi antara dosen  dikelas dengan mahasiswa. Komunikasi langsung dapat dilakukan dengan individu antar individu, individu antar kelompok, dan kelompok antar kelompok. Perlu kalian ingat bahwa ada syarat untuk melakukan komunikasi secara langsung, yaitu antara komunikan dengan komunikatornya harus bertemu secara langsung.

KOMUNIKASI MASSA
Proses komunikasi yang dilakukan melalui media massa dengan berbagai tujuan komunikasi dan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas. Alat yang digunakan untuk publikasinya bisa berupa radio, televisi, media sosial dan media cetak. Contohnya seperti seorang food vlogger memberikan informasi mengenai tempat makan yang direcomendasikan melalui platform youtube (media sosial). Komunikasi media massa mempunyai cakupan yang luas dalam penyebaran informasinya, karena komunikasi ini memiliki peran dalam menyalurkan serta mempublikasikan informasi kepada seluruh masyarakat  dengan media elektronik maupun melalui surat kabar atau majalah. Fungsi dari komunikasi massa dapat berupa sebagai media penyampai informasi, sebagai social learning, dan juga hiburan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA " KATA PERMISI ( TABE ) " DALAM MASYARAKAT SULAWESI SELATAN

Free Writing

Sosiologi Pertemuan 3 - Perspektif Sosiologi